Evaluasi Capaian Kinerja Program Kesehatan

ImageTahapan Perencanaan pembangunan terdiri dari 4 tahapan, yakni : (1) Penyusunan Rencana, (2) Penetapan Rencana, (3) Pengendalian Pelaksanaan Rencana, (4) Evaluasi Pelaksanaan Rencana. Kegiatan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana merupakan bagian-bagian dari fungsi manajemen yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keempatnya saling melengkapi dan masing-masing memberi umpan balik serta masukan kepada yang lain.

Perencanaan yang telah disusun dengan baik, tidak ada artinya jika tidak dapat dilaksanakan. Setiap pelaksanaan perencanaan tidak akan berjalan lancar  jika  tidak didasarkan pada perencanaan yang baik.  Sejalan dengan itu, dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas alokasi sumber daya, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pogram pembangunan, perlu dilakukan upaya pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan.

Evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan RPJMD, dan Renstra untuk menilai efisiensi, efektivitas, manfaat, dan dampak, serta berkelanjutan suatu program. Fokus utama evaluasi diarahkan pada keluaran (output), hasil (outcome), dan dampak (impact) dari pelaksanaan rencana pembangunan. Oleh karena itu, dalam perencanaan yang transparan dan akuntabel, harus disertai dengan penyusunan indikator kinerja pelaksanaan rencana, yang sekurang-kurangnya meliputi : indikator masukan, indikator keluaran, dan indikator hasil/manfaat.

Hasil Evaluasi yang beberapa bulan terakhir inteks dilaksanakan oleh Tim Pengendali digunakan untuk menilai percepatan indikator dan sasaran hasil (outcame). Dalam hal ini menilai pencapaian pelaksanaan strategi  pembangunan nasional, kebijakan umum, program dan kegiatan pokok, serta kerangka ekonomi makro sebagaimana ditetapkan dalam dokumen RPJMD tahun 2012-2106 dan Renstra Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat tahun 2012-2016

Sebagai langkah penguatan pelaksanaan evaluasi, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan Rapat Koordinasi lintas program dan lintas sektor sebagai Evaluasi terhadap capaian kinerja program kesehatan semester 1 pada tanggal 22 Juli 2013. pertemuan koordinasi ini dapat dirumuskan strategi untuk dapat menghasilkan langkah dalam melaksanakan akselerasi percepatan peningkatan capaian program tahun 2013 ini

Pertemuan evaluasi yang dilaksanakan secara berkala tentunya menjadi budaya yang perlu dijaga dan dipertahankan untuk dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan (MSY)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s