TB di Pulau Bala – Balakang

Pelacakan penderita TB pada kelompok khusus seperti daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan telah dilaksanakan melalui  Program Primery Health Care (PHC) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju dan BKKBN.

Berbahagia sekali mendapat kesempatan ikut serta dalam rombongan PHC, kami dari Tim TB Provinsi Sulawesi Barat memaksimalkan peluang yang ada dengan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari Analisis kondisi lingkungan,  identifikasi kesiapan sarana  kesehatan ,Rembuk tokoh masyarakat dan penemuan tersangka penderita TB, serta kesepakatan petugas Puskesmas untuk pemberian pengobatan terhadap penderita yang terdiagnosis TB.

Gambaran kondisi lingkungan yang dikunjungi seperti Pulau Ambo, Salissingan dan saboyang dimana masing-masing pulau terisolasi oleh lautan yang pada saat-saat tertentu sulit ada komunikasi dan hubungan satu sama lain, daerah seperti ini jika di tinjau dari aspek epidemiologi  sangat mudah terjadi penularan  dari penderita TB ke orang sehat. Disisi lain seperti kesiapan petugas juga terbatas. Antisipasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat jauh sebelumnya telah melatih  satu orang bertugas di Puskesmas Salissingan namun kinerjanya belum maksimal karena penderita yang ada ditemukan oleh Tim TB Prov yang seharusnya jauh sebelumnya sudah terlacak oleh petugas di PKM Salissingan penderita yang ditemukan di Salissingan adalah penderita ekstra paru  dan penderita suspek TB sedangkan di Pulau Ambo seorang Suspek TB yang perlu penanganan lebih lanjut oleh  petugas Puskesmas Salissingan. Kegiatan Provinsi telah menyerahkan Obat anti Tuberkulosis Kategori I dan Kategori anak dan bahan penujang diagnostik TB lainnya. Melihat kondisi tenaga yang ada kami merencanakan melakukan pelatihan tambahan satu orang lagi yang akan dilaksanakan pada triwulan III tahun 2012 dan telah dikomunikasikan dengan Kepala Puskesmas untuk menujuk orang yang siap dilatih, Tim TB provinsi Sulbar telah pernah berkunjung ke daerah tsb dan untuk ini kedua kalinya, pada kunjungan pertama kali dilakukan base line data belum ada penderita yang terlacak di pulau-pulau tersebut. Saat kunjungan ini telah ditemukan 3 orang penderita TB selanjutnya setelah dilacak asal muasal sumber penularan diperoleh informasi orang tua penderita juga penderita TB yang sehari-harinya bekerja di Provinsi lain dan pada saat tertentu balik ke Salissingan. Dengan adanya sumber penularan di daerah tersebut maka perlu perhatian khusus bagi petugas kesehatan Kabupaten Mamuju dan PKM Salissingan untuk memonitor terusmenerus penderita  sebagai sumber penularan baik pengawasan keteraturan berobat, pemeriksaan kontak serumah maupun kondisi penderita tsb.

Mencermati kondisi ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar Dr.Achmad Azis, MKes selaku ketua Tim langsung mengadakan pertemuan dengan masyarakat setempat dialog antara Pak Dusun, pemuka masyarakat dan perwakilan gender  menyampaikan apresiasi kegiatan ini dan menurut mereka baru kali ini ada pelayanan dokter spesialis di tempatnya dalam Tim          memang ada 3 dokter spesialis yaitu Dr. Danial Uisal, SpB (Spesialis Bedah), Dr.Suhendra, SpA, M.kes (Spesialis  Anak) dan Dr.Yusran Antonius, SpOG, Mkes (spesialis kandungan) serta 3 dokter umum ditambah tim BKKBN yang masing-masing melakukan tindakan sesuai bidangnya. pencerahan kepada Kepala Desa tentang kewaspadaan terhadap penularan TB di Daerahnya dan diharapkan tetap berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas agar tidak terjadi pertambahan penderita di Kepulauan Balakbalakang dan diharapkan menjadi wilayah bebas Tuberkulosis (TB.

Catatan : Perjalanan TIM PDBK ke Pulau Bala-Balakang Mamuju

Abdul Majid, SKM,M.Kes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s