Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga terpilih selain jogging dan renang. Tiga jenis olahraga ini adalah tipe  oleharaga yang tidak telalu memaksakan diri dan dapat kita atur sendiri.

Bersepeda baik untuk kesehatan jantung. Nikmatnya bersepeda adalah di samping untuk kebugaran tubuh dan jiwa secara simultan, Anda juga merasa gembira karena sambil bersepeda Anda bisa menikmati pemandangan yang dilewati. Beberapa hal yang diperoleh oleh  penggemar sepeda, yaitu kepuasan atas aktivitas mereka dan memperoleh manfaat atas latihan yang dilakukan berupa kebugaran tubuh dan sekaligus membakar kalori.
Bersepeda secara rutin akan membuat Anda bugar dan gembira dan membawa Anda keluar dari lingkaran kejenuhan pekerjaan yang menimbulkan stres.
Saat ini semakin banyak pengendara sepeda yang berpartisipasi dalam duathlon, triathlon dan lomba sepeda jalanan. Bersepeda yang kompetitif merupakan olahraga yang menekankan sistem pernafasan jantung tanpa menimbulkan efek samping pada anggota badan. Jika cuaca buruk Anda masih bisa bersepeda di rumah dengan menggunakan sepeda stasioner. Dari segi manfaat kesehatan, bersepeda stasioner memberikan mnafaat yang sama. Anda masih bisa menonton acara TV sambil mengayuh sepeda. Dari segi rekreasi memang bersepeda stasioner kurang menyenangkan karena Anda tidak bisa menikmati pemandangan luar. Alasan utama kebanyakan orang untuk bersepeda adalah kebugaran dan sifatnya yang mengandung unsur rekreasi. Olahraga sepeda mudah dilakukan tanpa menggunakan atau memerlukan peralatan khusus untuk melaksanakannya. Harga sepeda pun dapat terjangkau tergantung type dan kualitas apa yang kita inginkan.

Cara baik untuk berlatih selama 30 menit setiap hari, 3 sampai 5 hari per minggu agar memperoleh kesehatan dan kebugaan yang baik. Bersepeda sama effektifnya dengan jalan atau berlari. Ia dapat meningkatkan aerobik yang diperlukan bagi sistem jantung dengan tekanan yang kurang pada anggota tubuh. Dengan bersepeda jantung menjadi lebih sehat, kapasitas aerobik menjadi meningkat. Olahraga bersepeda sangat disarankan bagi mereka yang sudah cukup umur dan mempunyai masalah dengan anggota tubuhnya mengingat olahraga jenis ini tidak menimbulkan beban yang yang berat bagi anggota tubuh

Bersepeda minimal 30 menit tiap hari akan membuat badan menjadi sehat sehingga dengan kesehatan yang baik maka dapat bekerja dengan maksimal (teratur dan terukur)

Di mamuju beberapa alternatif pilihan rute yang dapat dilalui pengendara sepeda daintaranya adalah Rangas- Sumare yang mana memberikan udara yang bersih bagi pengendara dan pemandangan laut yang indah

Rute lain adalah Pulau Karampuang. Rute yang dapat dilalui dengan terlebih dahulu mengangkut sepeda dengan perahu ke pulau. Jalanan di sana sangat memungkinkan bagi para pengendara sepeda untuk menikamti nikmatnya olahraga sepeda.

Jalan lain yang sangat bagus untuk dilalui adalah jalan menuju Kali Mamuju yang di mana kadar O2 yang masih bersih menjadi salah satu hal yang sangat menguntungkan bagi pengendara sepeda untuk melaluinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s