Catatan di Balik Rapat Kerja Kesehatan Wilayah Timur

Hari Senin Siang Penulis Bertolak dari Mamuju – Makassar dengan menggunakan pesawat Wing Air ATR 72-500. Perjalanan ke Makassar ditempuh kurang lebih 55 menit.

Kegiatan yang akan penulis ikuti di Makassar adalah Orientasi dan Pengelolaan Desain Media dan Promkes. Namun pada malam pertamanya mengikuti proses pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional Regional timur yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI di Makassar.

Rakerkernas tahun 2013 dengan tema ”  Dengan Semangat Birokrasi Percepat Pencapaian MDGs dan persiapan Jaminan Kesehatan Nasional”

Untuk Tahun ini Rakerkernas di bagi menjadi 3 Regional dimana setiap regional akan dilaksanakan sidang komisi, Sidang Sub Komisi dan Sidang pleno komisi untuk membahas permasalahan yang ada secara intensif dan memberikan peran yang lebih besar kepada daerah untuk merumuskan berbagai masalah dan solusinya serta target yang akan dicapai karena  pada prinsipnya yang tahu persis dengan kondisi yang ada dilapangan

Setelah sanbutan Selamat Datang oleh Gubernur Sulawesi Selatan DR.Syahrul Yasin Limpo dilanjutkan dengan Sambutan dan Pembukaan secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI dr.Nafsiah Mboi. Menkes yang merupakan Anak Asli Sulawesi ini dalam sambutannya menekankan pentingnya peran daerah dalam  pembangunan kesehatan diantaranya : Memenuhi alokasi ABPD sebesar 10 %; Pengadaan, pendayagunaan & peningkatan mutu tenaga kesehatan melalui pendidikan dan/atau pelatihan; Menyediakan informasi kesehatan yang efektif dan efisien; Membentuk Badan Pertimbangan Kesehatan Daerah; Melakukan pembinaan dan pengawasan pelayanan kesehatan; Mengembangkan upaya promotif dan preventif untuk mencegah meningkatnya biaya kuratif/pengobatan dan Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas Pembantuan serta Menetapkan fasilitas pelayanan kesehatan di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan atau tempat yang tidak diminati berdasarkan kriteria yang diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

Selamat kepada Kementerian kesehatan RI atas terselenggaranya Rakerkernas tahun ini.

Millennium Development Goals tinggal dua tahun lagi. Dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s