Topografi Sulawesi Barat

ImageSulawesi Barat merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang cukup strategis karena berada diantara dua Provinsi, yaitu Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Provinsi Sulawesi Barat sebelah barat berbatasan langsung dengan Selat Makassar, Sebelah timur berbatasan dengan Sulawesi Selatan, sebelah utara berbatasan dengan Sulawesi tengah dan Sulawesi selatan berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan.

Luas wilayah Provinsi Sulawesi Barat sebesar 16.729,9 km2, secara administratif  terbagi menjadi 5 kabupaten, yang tersebar menjadi 604 desa/kelurahan. Wilayah terluas adalah Kabupaten Mamuju dengan luas 7.943 km2, atau sekitar 47,5% dari luas total Provinsi Sulawesi Barat, sedangkan Kabupaten Majene merupakan wilayah yang luasnya paling kecil di Sulawesi barat, yaitu seluas 948 km2.

Secara topografi, wilayah Sulawesi Barat memiliki kondisi yang bervariasi yaitu pegunungan, perbukitan, dataran rendah, pesisir pantai serta rawa-rawa. Sebagian besar wilayah di Sulawesi Barat merupakan daerah yang sulit dijangkau disebabkan kondisi daerah yang sangat berat sehingga hanya bisa dilalui dengan kuda dan jalan kaki. Disamping itu masih terdapat sekelompok masyarakat terasing yang menutup diri dari kemajuan ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s